Bahaya Wiper Mobil Rusak Terutama untuk Keselamatan

Bahaya Wiper Mobil Rusak Jika Tak Dilakukan Pemeriksaan

bahaya wiper mobil rusak

bahaya wiper mobil rusak

Bahaya wiper mobil rusak bisa berakibat fatal pada keselamatan dalam perjalanan jauh. Ada baiknya sobat tak menganggap sepele wiper yang rusak meski hanya satu wiper saja. Meski memiliki tugas sederhana, yakni membuang air yang menempel di kaca depan ketika hujan turun, tetapi ketika mereka tak ada, maka sobat akan kerepotan dalam mengendalikan mobil di tengah kondisi hujan deras. Ini mengapa wiper sangat dibutuhkan dan dirawat meski digunakan pada musim tertentu, tetapi salah satu perlengkapan ini sangat disarankan untuk selalu dirawat dengan baik dan sering dilakukan pengecekan.

Ketika menyetir di tengah hujan deras, maka berbagai kemungkinan kecelakaan akan terjadi. Hal ini tak akan terjadi jika mobil sobat dilengkapi dengan wiper yang berjalan. Dengan suasana jalanan licin, jarak psobatng terbatas, wiper akan membuang aliran air yang berjalan di kaca depan mobil sobat. Berusaha untuk memberikan jarak psobatng yang lebih luas.  Bahaya wiper mobil rusak akan lebih terasa ketika sobat berkendara di tengah malam dan di hujan yang lebat, risiko berbenturan dengan benda asing atau kendaraan lain sangat mungkin jika wiper tidak bekerja dengan baik.

Iklan: Untuk kebutuhan aksesoris mobil terlengkap dengan harga istimewa hubungi 021-90360932 E-mail:sales@kiosban.com

Saat ini wiper tidak hanya terpasang di bagian kaca depan kendaraan saja, jika sobat perhatikan, mobil-mobil keluaran terbaru memasang wiper di kaca belakang. Bahkan di mobil sedan mewah pun wiper disematkan di bagian lampu depannya, meski wiper kecil sekalipun. Semua wiper digerakkan motor listrik sebagai sumber tenaga utamanya. Namun terkadang, wiper tak dapat berjalan dengan maksimal. Ada beberapa faktor yang menyebabkan wiper tak berjalan dengan semestinya, seperti:

  • Kemiringan yang tak tepat pada wiper: Kemiringan yang tak sebanding dengan kaca depan, akan membuat gerakan wiper dalam menyapu air menjadi tak maksimal. Pastikan wiper selalu dalam posisi yang aerodinamis dengan struktur lebih kuat dan stabil.
  • Spring tension pada lengan wiper: ini sangat berhubungan dengan kemampuan bilah wiper untuk menyapu air di depannya.
  • Karet yang usang: Karet usang pun merupakan tsobat bahwa Sobat harus mengganti wiper sobat sesegera mungkin.

Jika ketiga tsobat di atas sudah terlihat, maka sudah waktunya sobat membenahi atau mengganti wiper agar terhindar dari bahaya wiper mobil rusak.

Baca juga artikel menarik lainnya dari Om James Kiosban :

Belajar Menyetir Mobil untuk Pemula

Tips Poles Velg Mobil di Rumah

Harga Ban Mobil Terbaru

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *