Berapa Lama Umur Pemakaian Wiper Mobil

Umur Pemakaian Wiper Mobil Yang Masih Berfungsi Maksimal

Berapa Lama Umur Pemakaian Wiper MobilBerapa lama umur pemakaian wiper mobil? Pertanyaan ini mungkin sering kali muncul di dalam benak Anda saat menemukan daya kerja wiper mobil yang tidak maksimal saat diperlukan.Wiper mobil adalah komponen penting yang kerjanya sangat diperlukan, terutama saat hujan.Wiper yang berkualitas tentu akan membuat waktu berkendara di tengah hujan tidak menjadi masalah karena air yang jatuh ke kaca depan mobil tidak akan menghalangi pandangan ke jalan yang dilalui. Namun, kekhawatiran tentu akan terjadi saat wiper tidak bisa bekerja dengan baik dan bekas guratan wiper malah menghalangi pandangan saat berkendara.

Untuk menjawab pertanyaan tentang berapa lama umur pemakaian wiper mobil, para praktisi di bidang otomotif memiliki jawaban yang seragam.Pada umumnya mereka menjawab bahwa umur setiap wiper hanya selama enam bulan sampai satu tahun.Jika wiper sudah melebihi batas umurnya, tentu saja daya kerjanya akan menurun karena sudah ada beberapa bagian yang rusak terutama pada karetnya. Pada saat wiper berumur lebih dari satu tahun, karet – karetnya akan mengalami keretakan, keausan atau tidak lagi lentur sehingga tidak dapat bekerja maksimal dalam menghalau air. Masalah ini juga dapat terjadi pada wiper yang jarang dipakai karena kerusakan yang terjadi lebih sering disebabkan oleh terik matahari yang dapat menurunkan kelenturan pada karet wiper.Itulah mengapa sering kali pemilik mobil menegakkan wiper saat parkir di siang hari. Meski bermaksud memperpanjang umur wiper, caraini tidak begitu berpengaruh.

Dengan mengetahui berapa lama umur pemakaian wiper mobil, tentunya Anda bisa mengetahui kapan saat yang tepat untuk mengganti wiper dengan yang baru agar dapat terus bekerja maksimal.Untuk membuanya selalu bekerja dengan baik, Anda tidak harus selalu mengganti wiper secara keseluruhan.Jika dudukan wiper masih bagus dan dapat bekerja dengan baik, Anda bisa mengganti karetnya saja dengan karet wiper refill yang banyak dijual di pasaran.Pilih karet dengan ukuran yang tepat sehingga pas untuk dipasangkan pada dudukan wiper.Selain itu, kondisi dudukan juga penting untuk diperhatikan.Jika dudukan sudah tidak lagi berfungsi dengan baik, maka wiper perlu diganti secara keseluruhan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *