Karet Wiper Mobil Perlu Mendapat Perhatian Khusus

Tips Merawat Karet Wiper Mobil

Karet Wiper Mobil

Bagi pengemudi, salah satu hal yang wajib diperhatikan ketika sedang musim hujan adalah memeriksa karet wiper mobil. Walaupun mulai jarang, namun hujan masih sesekali turun di berbagai wilayah di Indonesia. Wiper merupakan sebuah alat yang berfungsi sebagai penyapu air ketika mobil sedang dikendarai di tengah hujan. Pada saat hujan, air yang membasahi kaca depan mobil akan menggangu dan sangat mengurangi visibilitas pengemudi,sehingga wiper mobil yang memiliki tugas untuk menyapu air tersebut berperan penting dalam keselamatan berkendara.

Iklan: Untuk kebutuhan aksesoris mobil terlengkap dengan harga istimewa hubungi 021-90360932 E-mail:sales@kiosban.com

Merawat wiper sebenarnya tidak terlalu sulit, Anda bisa mengerjakan perawatan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Berikut ini adalah beberapa tips dalam merawat wiper agar selalu awet dan tetap berfungsi dengan baik:

  1. Banyak pengemudi mobil yang ingin membersihkan karet wiper mobil dengan cara mengelap atau bahkan mencucinya dengan sabun. Namun hal ini sebenarnya tidak dianjurkan karena di permukaan karet wiper terdapat cairan kimia khusus yang berfungsi untuk menjaga elastisitas karet agar tidak mudah keras atau getas. Untuk membersihkan wiper, Anda tidak perlu menggosoknya dengan keras. Lap dengan lembut menggunakan kanebo basah.
  2. Di hari – hari yang panas, Anda bisa memasang stand wiper. Stand wiper merupakan sebuah alat yang akan menjaga agar karet wiper tidak menempel secara langsung pada kaca depan mobil. Karet wiper yang menempel langsung pada kaca cenderung akan sangat mudah getas dan kotor kena debu dan kotoran. Stand wiper bisa Anda dapatkan di toko aksesoris mobil seperti Kiosban.com.
  3. Agar pergerakan wiper selalu lancar dan berfungsi dengan baik, Anda bisa menyemprotkan cairan 4WD yang berfungsi sebagai pelumas. Semprotan pelumas 4WD ini akan memudahkan poros wiper ketika bergerak naik turun.
  4. Selain karet wiper mobil Anda juga harus memeriksa kelancaran dan arah semprotan air. Pastikan air semprotan selalu lancar dan arah semprotan sudah tepat jatuhnya. Untuk memperbaiki semprotan yang macet, Anda bisa menggunakan jarum pentul untuk membersihkan saluran air dari kotoran yang menempel sekaligus menyetel ulang arah semprotan air wiper.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *