Komponen Wiper Mobil yang Harus Anda Ketahui

Komponen Wiper Mobil, Pengetahuan untuk Merawatnya

komponen wiper mobil

komponen wiper mobil

Komponen wiper mobil atau bagian-bagian dari wiper mobil perlu diketahui oleh para pemilik mobil yang peduli dengan keselamatan dirinya sendiri. Sebab, meskipun tidak terjadi setiap waktu, wiper bisa mengalami kerusakan mendadak yang akan lebih baik bila kita ketahui penyebab dan solusinya. Dengan demikian, kita tidak perlu selalu harus menggantungkan diri pada servis yang ditawarkan di bengkel mobil. Apalagi, bila kerusakan yang terjadi sangat sepele, seperti kerusakan wiper karena tersumbat debu yang terakumulasi. Oleh karena itu, pada tulisan kali ini, Om James akan membahas mengenai bagian atau komponen wiper pada mobil kesayangan kita. Benda kecil yang kadang disepelekan ini memang memiliki fungsi vita yang harus diperhatikan dengan serius.

Iklan: Untuk kebutuhan aksesoris mobil terlengkap dengan harga istimewa hubungi 021-90360932 E-mail:sales@kiosban.com

Salah satu keuntungan mengetahui bagian-bagain wiper mobil adalah penghematan dana. Dengan mengenali kerusakan yang terjadi pada bagian wiper tertentu, kita tidak perlu membeli seluruh bagian dari wiper tersebut. Komponen atau bagian wiper mobil sendiri terdiri atas karet wiper yang berfungsi membersihkan kaca secara langsung, wiper blade, karet arm, link wiper, bosh ling wiper, moto wiper atau penggerak wiper, saklar on dan off, sekering wiper, relay wiper, tabung wiper, dan motor washer wiper. Keseluruhan komponen wiper mobil tersebut memiliki fungsinya sendiri-sendiri sehingga wiper bisa difungsikan sedemikian rupa sebagai suatu sistem. Kesalahan pada salah satu komponen tentu akan berpengaruh pada keseluruhan kinerja wiper tersebut.

Selain mengenali bagian-bagian wiper, sebaiknya kita juga paham apa fungsi bagian-bagian wiper tersebut. Dengan begitu, kita jadi tahu jenis perawatan atau solusi atas masalah yang suatu saat muncul. Sebagai contoh, bagian komponen karet wiper. Bagian ini memiliki fungsi untuk membersihkan kaca mobil dengan cara kontak langsung. Otomatis, bagian ini wajib dalam kondisi baik dan tidak keras. Kerasnya karet wiper tentu sangat beresiko menyebabkan baret pada kaca mobil, apalagi bila terjadi terus menerus. Dengan pengetahuan ini, kita jadi tahu bahwa karet wiper wajib selalu diperhatikan kekerasannya, begitu pula untuk komponen lain. Seyogyanya, kita tahu fungsi dan cara merawat berbagai komponen wiper mobil.

Baca juga artikel menarik lainnya dari Om James Kiosban :

Belajar Menyetir Mobil untuk Pemula

Tips Poles Velg Mobil di Rumah

Harga Ban Mobil Terbaru

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *