Wiper Mobil Juga Membutuhkan Perawatan

Merawat Wiper Mobil dengan Mudah

Wiper MobilWiper Mobil merupakan salah satu bagian dari mobil yang berperan penting saat musim hujan datang. Semua jenis mobil umumnya memiliki wiper yang digunakan untuk menyapu air di kaca depan mobil. Karenanya wiper memiliki fungsi yang cukup vital bagi pengendara. Ketika hujan, pandangan pengemudi terhalang oleh titik-titik air yang menerpa kaca depan mobil, oleh karena itu ia harus menyalakan wiper supaya pandangannya tidak terhalang oleh air hujan. Karena fungsinya itu, wiper menjadi sebuah bagian yang cukup krusial, dan perlu dirawat secara berkala. Meski demikian, bagian seperti wiper mobil sesungguhnya tidak memerlukan perawatan berat. Artinya Anda tidak perlu mengunjungi bengkel mobil hanya untuk merawat wiper. Ketimbang membawa mobil ke bengkel hanya untuk merawat wiper, Anda bisa merawatnya dengan mudah ketika mobil masih berada di dalam garasi atau ketika mobil berada di tempat parkir.

Iklan: untuk kebutuhan aksesoris mobil terlengkap hubungi 021-90360932 E-mail:info@kiosban.com

Lalu, bagaimana merawat wiper mobil dengan benar? Merawat wiper merupakan hal yang mudah dilakukan, kecuali bila sistem eleltronik yang menyokong wiper rusak. Jika demikian, maka tentu Anda harus pergi ke bengkel untuk memperbaikinya. Artikel ini akan menyajikan beberapa tips sederhana tentang perawatan wiper. Kami akan memulainya dengan beberapa poin penting:

  • Ketika memarkir mobil, Anda perlu menarik wiper menjauh dari kaca mobil. Wiper yang dibiarkan menempel di kaca mobil, apalagi saat kondisi terik, akan berdampak buruk pada kualitas wiper. Wiper mudah memuai pada kondisi terik, dan jika ditempelkan di kaca mobil ia akan menempel padanya. Jika tidak ingin menarik wiper menjauh dari kaca, sebaiknya Anda menempatkan sesuatu di antara karet wiper dan kaca mobil.
  • Bersihkan wiper dari kotoran yang menempel secara berkala, terutama ketika Anda mencuci mobil. Caranya cukup mudah karena Anda hanya perlu melepas wiper dan membersihkannya memakai canebo atau lap basah.
  • Sediakan cadangan air wiper dalam jumlah cukup. Bila perlu sediakan air yang bercampur dengan shampoo pembersih kaca.

Mudah bukan? Merawat wiper sesungguhnya bukan hal yang sulit karena Anda hanya membutuhkan air, shampoo, dan juga canebo. Selain ketiga hal di atas, Anda juga perlu memeriksa tingkat elastisitas karet wiper. Segera ganti karet wiper mobil jika ia sudah tidak lagi elastis.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *